Selasa, 12 Maret 2013

Tasbih Tawaf: Tasbih 7 Butir untuk Membantu Menghitung Putaran Tawaf dan Sai



Sebelum mengenal flanel, saya lebih dahulu mengenal manik-manik (beads) sebagai salah satu material untuk craft. Dan kreasi beads yang pertama saya buat adalah tasbih tawaf, yang saya buat pada tahun 2011. Tasbih tawaf (ada juga yang menyebut cincin tawaf) adalah tasbih sejumlah tujuh butir manik yang digunakan sebagai alat bantu bagi jamaah haji dan umroh saat melakukan tawaf dan sai.

Sedikit flashback mengapa saya berkreasi membuat tasbih tawaf. Saya dan suami alhamdulillah mendapat porsi haji tahun 2011 (walaupun dengan kehendak ALLAH akhirnya kami berangkat 2012 kemarin). Nah, pada 2010 akhir, kami mendapat undangan manasik haji dari kbih. Sebelum mengikuti manasik, suami menunjukkan ke saya tasbih tawaf yang dia peroleh ketika haji tahun 2005 dari jamaah haji India. Lalu iseng saya searching di internet di mana saya bisa membeli tasbih tawaf. Ternyata waktu itu saya tidak menemukan satu pun toko online di Indonesia yang menjual tasbih tawaf. Yang ada malah toko online luar. Di toko perlengkapan haji di kota pun tidak saya temukan. Wah peluang bisnis nih...pikir saya. Sebenarnya simpel, tapi saya masih mumet tentang bagaimana cara memasukkan manik ke tali tasbih karena tidak seperti tasbih pada umumnya yang digunakan untuk membantu berdzikir, tasbih tawaf ini harus menggunakan suaian paksa. Maksudnya, ketika manik digeser ke atas, manik itu tidak boleh turun ke bawah (kalo longgar, jadi kacau nanti hitungan tawaf/ sai padahal tau sendiri kan kondisi ketika tawaf/ sai pas umroh/haji). Singkat cerita, setelah trial and error berkali-kali jadi juga tasbih tawaf kreasi saya.

Tasbih tawaf memang bukan perlengkapan wajib bagi jamaah haji atau umroh seperti halnya ihram, namun akan sangat membantu kesempurnaan pelaksanaan tawaf dan sai para jamaah haji atau umroh. Tawaf dan sai merupakan rukun dalam ibadah haji dan umroh. Karena merupakan rukun, diusahakan agar jamaah haji dan umroh dapat melaksanakan rukun ini secara sempurna yaitu tujuh putaran tawaf dan tujuh putaran sai (tanpa kurang atau lebih). Namun demikian, saat pelaksanaannya terkadang sulit karena konsentrasi jamaah terpecah  sehingga lupa pada hitungan lintasan. Hal ini karena jamaah harus khusuk membaca doa setiap melewati lintasan, belum lagi kondisi padatnya jamaah yang berhimpit-himpitan dimana mereka semua memiliki tujuan yang sama.

Agar tidak lupa menghitung, cara termudahnya adalah dengan menggunakan karet gelang sebanyak 7 (tujuh) buah. Tempatkan gareng kelang di salah satu lengan, lalu setiap melewati satu putaran tawaf atau satu lintasan sa'i, langsung pindahkan karet gelang dari lengan satu ke lengan yang lain. Lakukan hal ini sampai semua karet gelang berpindah, yang berarti pelaksanaan Tawaf atau Sa'i sudah selesai. Inilah yang diajarkan pembimbing manasik di kbih yang saya ikuti.

Tapi ketika kondisi area tawaf/ sai penuh, pemakaian karet gelang ini agak ribet dan tidak praktis karena kita harus memindahkan karet dari tangan satu ke tangan yang lain. Sebab itulah, saya membuat tasbih tawaf sendiri yang saya nilai lebih praktis. Cara penggunaannya, cincin (ring) tasbih dimasukkan ke dalam salah satu jari tangan (saya biasanya menggunakan jari tengah kiri), lalu setiap melewati satu putaran tawaf atau satu lintasan sa'i pindahkan satu manik tasbih ke bawah. Lakukan hal ini sampai semua manik tasbih berpindah, yang berarti pelaksanaan Tawaf atau Sa'i sudah selesai.

Selain digunakan sendiri, tasbih tawaf dapat diberikan kepada jamaah lain sebagai hadiah/ kenang-kenangan. Ketika haji kemarin, saya membuat 40 buah tasbih tawaf yang saya bagikan ke seluruh jamaah dalam satu rombongan. Atau , jika memiliki saudara, teman, atau kerabat yang akan pergi umroh atau berhaji, maka tasbih tawaf juga dapat dijadikan sebagai souvenir/ hadiah kepada saudara, teman, atau kerabat yang akan berumroh/ haji tersebut sembari menitip doa. Sambil berdzikir  ketika tawaf/ sai...insyaALLAH teringat untuk mendoakan yang memberi souvenir ... ^_^ ... amin.

Oya, untuk kreasi tasbih tawaf ini alhamdulillah sudah mendapat pesanan dari Aceh, Balikpapan, Klaten, dan Sukoharjo. Toko online untuk tasbih tawaf ini ada di tasbihtawaf.blogspot.com. Bisa juga kunjungi facebook tasbih tawaf di www.facebook.com/tasbihtawaf atau di fanpage tasbih tawaf di www.facebook.com/tasbihtawafsai. Mampir ya...^_^



 Tasbih Tawaf Mutiara Sintetis Hitam (Pesanan Quwais Production - Klaten)

Tasbih Tawaf Kristal Hitam (Pesanan ZamZam Nusantara - Klaten)

Tasbih Tawaf Kristal Warna-Warni (Pesanan Annisa' Muslim - Aceh)
 
Tasbih Tawaf Mutiara Sintetis & Kristal Hitam (Pesanan Annisa' Muslim - Aceh)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...