Selasa, 28 Mei 2013

Quiet Book: Today, We Can Say!



Hey, Hey, Hey
We Learn something new today,
Hip Hip Hooray!
We Learn something new today.

Today we can say, we learned a word thats new.
Today we can say we saw a pretty bird thats blue.
Today we made some friends we really like.
And today we learned to fly a big red kite!

Hey, hey, hey
We learned something new today
Hip hip hooray!
We learned something new today.

Today we can say we learned the colors of the rainbow.
Today in the car we learned to buckle up when we go.
Today we smell some sweet smelling flowers
And today we learned about telling time, the minutes and the hours.

Hey, hey, hey,
We learned something new today
Hip hip hooray!
We learned something new today.

Lagu Today, We Can Say! di atas adalah salah satu theme song serial Barney dalam seri Let’s Play School. Kedua anak saya sangat menikmati menonton serial Barney itu, bahkan si kecil yang baru 15 bulan bisa duduk tenang melihat dari awal sampai akhir. Terinspirasi dari lagu tersebut, saya membuat quiet book yang isi di dalamnya adalah  8 (delapan) aktivitas sesuai lagu Today, We Can Say! itu. Yuk, kita lihat lebih dekat “terjemahan” lagu Today, We Can Say! versi saya ke dalam halaman demi halaman quiet book ini.



Halaman 1: we learned a word thats new.
Saya membuat “My word pocket”, dimana di dalamnya terdapat alfabet lower case a-z, dan untuk huruf vokal saya buat masing-masing 2. Di atas pocket, saya bisa mengajak anak untuk merangkai huruf menjadi kata. Hmm...bisa menjadi media yang menyenangkan untuk belajar membaca.



Halaman 2: we saw a pretty bird thats blue.
Di halaman ini terdapat pohon dan di balik dedaunan ada sarang burung dengan burung biru. Burung birunya bisa terbang lho...(maksudnya dimain-mainkan untuk diterbangkan..hehe).




Halaman 3 dan 4: we made some friends we really like.
Agak susah saya mencari ide bagaimana menterjemahkan ini ke dalam quiet page. Setelah browsing, akhirnya saya mencoba menterjemahkan frase made some friends dengan make friend’s face. Ada pigura bergambar kepala polos yang bisa diotak-atik mau dibuat seperti apa wajahnya. Trus, tanyakan wajah manakah yang disukai anak. Di halaman sebelahnya adalah pocket untuk menyimpan item rambut, mata, hidung, dan mulut.


Halaman 5: we learned to fly a big red kite.
Pada halaman ini, saya mengajak anak untuk belajar menggulung dan mengulur benang layang-layang.


Halaman 6: we learned the colors of the rainbow.
Di halaman ini, terdapat semacam rainbow puzzle. Potongan warna pelangi bisa dilepas pasang (menggunakan kancing jepret). Ide rainbow puzzle saya peroleh dari sini, yang kemudian saya modifikasi dengan mengambil pola dari sini.

Tambah asyik menemani anak memasang warna-warna pelangi dengan diiringi lagu Pelangi: “Pelangi-pelangi alangkah indahmu, merah kuning hijau di langit yang biru, pelukismu agung siapa gerangan, pelangi-pelangi ciptaan Tuhan.



Halaman 7: in the car we learned to buckle up when we go.
Halaman ini banyak menuai protes dari sulung saya:( "Wipernya kok nda ada, Ma??", komentar dia. Trus, yang juga diprotes adalah untuk membuka mobilnya, tidak melalui pintu mobil sesuai pakem..hehe. Namanya juga ilustrasi quiet book, Nak! 

Nah, kalo dibuka mobilnya, maka akan ada sopir yang sedang duduk di belakang kemudi lengkap dengan seat belt. Yuk, bantu si sopir untuk memasang seat belt demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.


Halaman 8: we smell some sweet smelling flowers.
Untuk halaman ini, saya membuat 3 (tiga) mahkota bunga dalam tiga warna berbeda. Mahkota bunga bisa dilepas pasang menggunakan kancing. Ajak anak untuk memasang bunga sesuai warna kancingnya. Bertujuan untuk mengajarkan warna sekaligus melatih motorik halus dalam buttoning.



Halaman 9 dan 10: we learned about telling time, the minutes and the hours.
Ada jam weker di mana jarum jam bisa diputar-putar. Sangat baik digunakan sebagai media untuk mengenalkan konsep waktu kepada anak. Sedangkan di halaman sebelahnya adalah jam digital yang juga berfungsi sebagai storage (tempat menyimpan) angka-angka digital yang bisa digunakan untuk belajar menunjukkan waktu sesuai yang ditunjukkan oleh jam weker analog.

Bagaimana menurut Anda hasil “penerjemahan” saya terhadap content lagu Today, We Can Say! ke dalam quiet book ini?

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...